Manga le mangan - 11 June 2011

Filed Under (), () by AstRid YuLisa^anGie^ on Saturday, December 22, 2012

Nah..ini acara adat dari tanah batak..hehe gini-gini punya turunan bataknya, boru regar ini *dengan logat batak, 'e' keras* :p . Sebetulnya saya gak begitu ngerti tentang adat2 ini, sekedar mengikuti para tetua saja. Kata mereka, acara ini merupakan acara adat batak dimana orang tua "memberi makan terakhir" kepada anak perempuannya yang akan menikah. Kalo untuk melepas anak laki-laki disebut Mangupah. Untuk laki-laki lebih kepada memberikan persiapan berupa petuah-petuah agar kelak menjadi pemimpin keluarga dan membangun keluarga dengan baik. Yaa..seperti itulah..maaf-maaf kalo ada kesalahan tulisan dan pengertian yaa..hehe..

Acara ini selalu diadakan sebelum salah satu keluarga papa saya menikah, sudah jadi kebiasaan dan kali itu adalah giliran sayaaa..




Nah, hari itu, acara ini diselenggarakan setelah pengajian, jadi paginya pengajian, sorenya manga le mangan. Berkumpul semua anggota keluarga besar papa dan mama, rame sekali dan sangat seru. Di acara ini semua tante, om, kakak dan abang..orang tua  pastinya..memberikan nasehat-nasehat tentang pernikahan, yaa pesan-pesan gitu. Dimulai dengan orang tua saya *lagi-lagi mama saya terharu, ooowwh..love you mom*, abang, kemudian para tante, para om dan terakhir para sepupu yang lebih tua. Yep..walo terdengar acara berjalan cukup lama, karena yang memberi pesan satu-satu bicaranya *ingat ya ini keluarga besar papa dan mama, jadi dua keluarga besar*, saya sangat menikmati acara ini. Pesan atau nasehat yang mereka berikan sangat berarti dan saya yakin berguna sekali, gak nyesal deh acara ini dibuat..hehe



Setelah semua memberi pesan dan nasehat, dilanjutkan dengan acara memberikan makan saya terakhir kali *sounds lil'bit creepy yaa..terakhir kali..huhuhu*. Orang tua saya menyuapi saya bergantian, begitu juga abang saya. Setelah itu acara dilanjutkan saya memberikan langkahan saya ke si abang, hehehe maaf ya bang..lumayan kan langkahannya..hehehehe. 




Setelah itu makan besar bersama deeeh..wah ini seru banget, dua keluarga besar makan bareng sambil lesehan gitu, heboh! Seneng banget semua pada ngumpul, makasi yaa semuaaaa.. Oiya, biar sederhana tapi makanannya uuuenak banget looh..makasi Tante Pontas :)



I Miss this moment a LOT!!! :)

Comments: